Image

Platform Instagram saat ini menjadi salah satu platform media sosial paling populer di Indonesia yang dimanfaatkan untuk mendukung bisnis suatu perusahaan. Bahkan, berdasarkan data riset IPSOS, sebanyak 71% wirausahawan muda menilai bahwa Instagram memberi mereka kekuatan untuk membangun bisnis sesuai keinginan.

Manajer Komunikasi Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi mengatakan setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan guna mengoptimalkan binis Anda melalui Instagram : 

1. Gunakan Hashtag #

Hashtag atau tagar menjadi salah satu hal yang banyak digunakan pengguna Instagram untuk mengkurasi foto ke dalam topik tertentu. Hal ini dapat membantu bisnis Anda ditemukan lebih mudah oleh pengguna yang tengah mencari topik serupa. Putri mengatakan, kuncinya adalah menggunakan hashtag dengan bijak. Jangan terlalu banyak menggunakan hashtag yang kurang relevan dengan bisnis Anda.

Hindari penggunaan hashtag dengan jumlah terlalu banyak. Usahakan untuk menggunakan hashtag khusus yang sesuai dengan bisnis Anda. 

2. Pelajari Insights

Instagram menyediakan Insights alias fitur yang dapat dimanfaatkan untuk memantau jumlah kunjungan hingga profil demografi pengikut akun Anda. Fitur ini tersedia bagi akun bisnis.

 Kehadiran fitur Insights dapat membantu bisnis memahami karakteristik audiensnya dengan lebih baik lagi. Melalui Insights, Anda dapat menentukan waktu yang tepat untuk memposting konten serta berapa banyak konten yang harus diposting dalam satu hari. Putri juga mengatakan pengguna tak perlu khawatir mengganggu linimasa pengikut masing-masing bila harus mengunggah banyak foto dalam satu waktu. Algoritma Instagram akan menampilkan postingan Anda secara bertahap kepada setiap followers Anda, jelasnya. 

 3. Manfaatkan seluruh fitur di Instagram

Putri menyarankan penggunanya untuk memanfaatkan seluruh fitur yang disediakan Instagram untuk membantu orang mengenali bisnis Anda, mulai dari Feed, Stories, Live hingga IGTV. Hal tersebut berfungsi untuk membantu Anda menjalin interaksi dengan pengikut. Tunjukkan ciri khas Anda, jadilah teman untuk konsumen Anda, bangun interaksi dengan konsumen Anda, gunakan berbagai fitur asli Instagram, jelasnya.  Pelajari juga Insights bisnis Anda, dan jangkau konsumen yang lebih luas melalui iklan dengan biaya mulai dari Rp20 ribu, tambahnya. 

4. 'Audisi' 3 Detik

Ada sebuah motto yang dinamai 3 seconds audition atau audisi 3 detik, dimana hal tersebut merupakan perhitungan perilaku pengguna Instagram dalam memerhatikan suatu unggahan. Mata mereka akan bergerak dari tengah untuk melihat isi, kemudian ke kiri atas untuk melihat akun dan ke bawah untuk melihat caption, jelasnya. Apabila dalam 3 detik pertama suatu konten (posisi tengah) gagal membuat pengguna penasaran, maka akun dan caption yang ada pun tak akan dilirik. Jadi konten harus dibuat semenarik mungkin, kalau pesannya kelamaan muncul dan enggak menarik akan susah, pungkasnya.

---------
Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul 4 Tips Optimalkan Bisnis Melalui Instagram, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/08/02/59505/4-tips-optimalkan-bisnis-melalui-instagram 

Blog
Membangun Persona di Media Sosial

16, Aug 2019

Merancang Strategi Kampanye

16, Aug 2019

Instagram dan WhatsApp Berganti Nama

16, Aug 2019

Mengapa Media Monitoring Menjadi Penting?

16, Aug 2019

Merancang Konten Instagram

16, Aug 2019