Image

Merancang Konten Instagram

16, Aug 2019 Admin

Instagram kini makin dilirik sebagai salah satu saluran yang digunakan untuk memperkenalkan sebuah brand. Audiensnya berkembang pesat, berjumlah lebih dari 800 juta menurut Social Media Today. Sebuah pesan menempati posisi sangat penting dalam kampanye digital, karena inti dari kampanye adalah pesan. Agar pesan yang disampaikan mendapat respon dari khalayak maka pesan harus dirancang secara sistematis dan menarik bagi khalayak.  Namun pertanyaan selanjutnya muncul, jenis konten seperti apa yang kini sedang popular di Instagram. Berikut beberapa ide yang dapat dijadikan inspirasi:

  1. Menggunakan user generated content

Pengikut Anda mungkin bukan seorang influencer, tetapi bukan berarti mereka tidak bisa memosting sesuatu yang menakjubkan di Instagram. Jika Anda melihat pos yang relevan dengan brand Anda, atau berkaitan dengan brand Anda dalam bentuk dukungan atau apresiasi, tanyakan kepada mereka untuk merepos konten menggunakan akun brand Anda. Konten buatan pengguna atau UGC adalah salah satu konten yang autentisitasnya sangat tinggi. Jika Anda berhasil membuat mereka membicarakan konten atau brand atau produk Anda, maka itu adalah salah satu indikasi bahwa strategi pemasaran konten Anda telah berhasil.

  1. Membuat kontes

Konten kontes di Instagram baik untuk memaksimalkan engagement. Konten kontes tidak hanya berasal dari satu akun milik brand, tetapi juga datang dari seluruh peserta kontes. Cara ini juga adalah salah satu cara yang baik untuk tetap terhubung dengan audiens Anda di Instagram. Salah satu jenis kontes yang sangat mudah dan populer di Instagram adalah “like to win”, jadi orang-orang hanya perlu menyukai postingan Anda untuk mendapatkan kesempatan menjadi pemenang. Jenis hadiah yang akan mereka dapatkan bisa Anda bocorkan pada foto yang Anda pos atau di bagian caption. Satu tingkat di atasnya, Anda bisa membuat kontes hashtag dengan meminta orang-orang untuk memosting konten mereka sendiri dengan menggunakan hashtag yang Anda tentukan sendiri. Atau, Anda bisa mengadakan kontes khusus untuk pengikut baru.

  1. Infografis

Secara teknis, infografis adalah visual yang sangat cocok untuk dipsoting ke Instagram. Saat banyak sekali brand yang menggunakan jenis konten ini baik di feed maupun melalui Stories. Infografis sejatinya adalah jenis konten yang sangat baik karena bersifat informatif sehingga sangat tepat digunakan untuk mengedukasi para pengikut di media sosial karena lebih mudah dicerna dan lebih menarik daripada tulisan “datar” di bagian caption.

Blog
Membangun Persona di Media Sosial

16, Aug 2019

Merancang Strategi Kampanye

16, Aug 2019

Instagram dan WhatsApp Berganti Nama

16, Aug 2019

Mengapa Media Monitoring Menjadi Penting?

16, Aug 2019

Merancang Konten Instagram

16, Aug 2019